• Rapat Virtual Bersama Gubernur, Abu Hasan Keluhkan Minimnya Ketersediaan APD

image_title
Ket: Bupati Buton Utara bersama Gubernur dan 17 kepala daerah se-Sultra rapat virtual penanganan Covid-19. Foto : Ifang Wilyas
  • Share

    BUMISULTRA

    BUTUR--Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) dalam hal ini Abu Hasan melakukan rapat virtual atau rapat secara online melalui video telekonferensi bersama Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi  beserta kepala daerah 17 Kabupaten/Kota se-Sultr , dalam rangka mencegah mewabahnya corona virus disease (Covid-19) bertempat di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Butur, Jum'at petang (3/4/2020).

    Abu Hasan, melalui video konferensi tersebut menyampaikan beberapa opsi pencegahan yang telah dilaksanakan Pemkab Butur mulai dari pengetesan suhu badan, kemudian penyemprotan kita lakukan walaupun ketersedian alat-alat terbatas.

    ''Semua kita maksimalkan dalam upaya pencegahan. Diawal Maret sampai pertengahan, jumlah ODP di buton utara jumlahnya enam puluh orang, per dua april sisa empat puluh orang pak Gub, dan pasien dalam pengawasan nihil " ujarnya pada Ali Mazi.

    Buton Utara, kata dia, dalam hal anggaran penanganan covid-19 tersedia. "Sampai hari ini kita masih menggunakan anggaran berjaga-jaga dan anggaran bencana" lanjut Abu Hasan.

    Ia menyampaikan hal yang menjadi kebutuhan telah tersedia dan digunakan oleh gugus tugas percepatan pencegahan, gunakananggaran yang sudah ada, dan sepenuhnya oleh gugus tugas yang melibatkan TNI, Polri dan dinas terkait.

    Kendala yang dihadapi hampir semua daerah termaksud Butur terkait covid 19 adalah Alat Pelindung Diri (APD). "Kita sudah pesan berkali-kali tapi alatnya belum datang-datang sampai hari ini,'' keluh bupati.

    Bupati Butur, Abu Hasan juga menegaskan ketersediaan pangan tiga bulan kedepan masih tersedia,  tiga bulan kedepan pangan beras aman, karena sala satu program unggulan kita adalah pertanian. Namun, stok  gula dan minyak yang kurang.

    "Kita minta bantuan pak gubernur supaya stok dari dolog provinsi, gula dan minyak untuk persedian selama bulan puasa, agar masuk ke butur " tambah Abu Hasan.

    Ali Mazi meminta kepada seluruh kepala daerah di Kabupaten/Kota , terus meningkatkan kewaspadaan dalan menanggulangi penyebaran Covid-19. Dalam waktu dekat pihak provinsi akan menyediakan semua kebutuhan logistik yang di perlukan di daerah. (*)


    Penulis | Ifang Wilyas