• Studi Banding di Bandung, Plt Bupati Koltim Paparkan Pentingnya Ketahanan Pangan

image_title
Ket: Setibanya di Desa Cibiru wetan Bandung Jabar Plt Bupati Koltim saat di sambut tarian khas Jabar.
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMUR -, Plt Bupati Kolaka Timur (Koltim) Abdul Azis menegaskan studi banding ketahanan pangan Pemerintah Desa se Kabupaten Koltim di Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung Jawa Barat di selenggarakan dengan mengacu pada peraturan Mentri Desa pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 82/2022 tentang pedoman tentang ketahanan pangan di Desa.

    Hal ini di sampaikan Abdul Azis saat menghadiri sekaligus memberikan arahan kepada para Kades di Desa  Cibiru, Selasa (27/09). Kata Azis dengan terjadinya covid -19, DD terjadi pergeseran kebijakan, dimana salah satunya DD digunakan untuk ketahanan pangan dan nabati dan hewani.

    ''Dalam rangka kecukupan pangan bagi warga Desa, pencapaian kemandirian pangan Desa, dan memastikan masyarakat Desa terlepas dari kerawanan pangan, maka menggunakan DD untuk ketahanan pangan serta hewani, ''beber Azis.

    Menurut Azis, isu strategis prioritas.penggunaan DD 2023 salah satunya ketahanan pangan nabati dan hewani. Penentuan pokus penggunaan DD yang di singkronisasikan dengan prioritas Nasional dan salah satu utamanya adalah dukungan program sektor prioritaa di Desa termasuk penanganan stunting, mendukung ketahanan pangan dan hewani termasuk pembangunan lumbung pangan Desa, dan pariwisata skala.Desa sesuai dengan skala.Desa sesuai dengan.potensi dan karakteristik Desa, ungkapnya.

    Pedomanan ketahanan pangan di Desa meliputi kebijakan dan indikator ketahanan pangam di Desa, program ketahanan pangan serta peran kelembagaan Desa.

    Dalam.kesempatan tersebut Plt Bupati Koltim berharap study banding ini dapat dilaksanakan secara bersungguh -sungguh dan tentunya sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku sehingga tujuan utama kegiatan ini dapat terwujud, dan dengan kegiatan ini mari kita bekerja dengan slogan "gerakan membangun melayani masyarakat koltim atau di sebut dengan Gemas Koltim, imbuhnya.

    ''Terkait kegiatan tersebut Plt Kadis DPMD koltim Irwan Kara menyebutkan, jumlah desa yang berangkat ke Bandung sebanyak 117 Desa, 10 Camat, beberapa staf DPMD sebagai pendamping.  Dimana sumber anggaran kegiatan ini DPA Kecamatan dan DPA DPMD Kabupaten Koltim 2022,'' tutupnya. (*)


    Penulis | Irwandar