• Peringati HUT Butur ke-13, Abu Hasan : Pembangunan Peradaban harus Kuat

image_title
Ket: Bupati Butur, Abu Hasa
  • Share

    BUMISULTRA

    Memperingati Hai Ulang Tahun (HUT ) Kabupaten Buton Utara ke 13, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Pemerintah Daerah (Pemda) menggelar Dzikir dan Doa bersama, dipelataran Rujab Bupati, Kecamatan Kulisusu, Buton Utara. Kamis, (2/7/ 2020).

    Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, upacara Bendera dan pembacaan sejarah Daerah yang berlandaskan asas “Lipu Tinadeakono Sara” serta sidang paripurna DPRD Buton Utara yang biasanya dilaksanakan saat memperingati hari jadi Kabupaten Buton Utara i, kali ini tidak dilaksanakan karena adanya pandemi Covid 19.

    Bupati Buton Utara, Abu bersama bersama Forkopimda, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat melaksanakan dzikir dan doa bersama dan mengikuti protokoler kesehatan sebab masih dimasa pandemic Covid19.

    Kegiatan Dzikir dan Doa bersama ini tidak mengurangi nilai kesakralan dalam memperingati Hari jadi Buton Utara, yang didasari dengan semangat juang dari para tokoh pemekaran,” ujar Bupati.

    Dikatakan. sejak  13 tahun Butur  telah dipimpin oleh 6 Bupati  hingga saat ini, sudah banyak hal yang dilakukan untuk kemajuan dan perubahan Buton Utara. Setiap pembenahan, tata kelola pemerintahan juga semakin baik. Pemerintah harus membangun sistim, siapapun pemimpinnya kalau sistim kuat pasti semua akan kuat bgtupun sebaliknya.

    Sesuai dengan visi misi saya, jika dikolaborasi secara lebih luas, sebetulnya itu penjabaran dari tagline atau filosofi lipu tinandea konosar. Jadi melalui media daring, mari bersama-sama membangun dan memajukan Buton Utara kedepannya agar lebih bermartabat,’’ katanya lagi.

    Abu Hasan mengatakan di masa pemerintahannya bersama Ramadio tidak hanya membangun fisik dan infrastruktur akan tetapi dibawah kepemimpinannya dia bersama Ramadio juga membangun peradaban manusia.

    Tidak hanya membangun fisik tetapi, nilai-nilai moral, etika, nilai-nilai spiritual keagamaan, adap sopan santun, budaya dan religiusitas juga harus dibangun, ungkapnya

    Bukan hanya fisik jalan, dan sarana olahraga yang dibangun, tetapi pembangunan peradaban, harus menjadi landasan, sebab menurut dia pembangunan akan kokoh dan kuat jika nilai-nilai peradaban itu sendiri kuat. Sehingga daerah akan kuat dalam menghadapi tantangan zaman yang akan datang.

    Abu Hasan berharap melalui momentum HUT tersebut yang jatuh pada tanggal 2 Juli masyarakat dapat memahami kelebihan dan kekurangan yang terjadi di daerah dengan merekflesi HUT ke-13 Tahun ini

    Dalam kesempatan ini, Abu Hasan juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mentaati anjuran pemerintah dalam mencegah penularan covid 19 di Buton Utara. (*)


    Penulis | Alif