• Bupati Koltim Launching BLT DD dan Salurkan Sembako

image_title
Ket: Ketua TP PKK Koltim saat menyerahkan bantuan Sembako kepada warga miskin Kelurahan Poli polia
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMUR -Hari ini Bupati Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Drs. H. Tony Herbiansyah  M.si melakukan dua agenda sekaligus, yakni Launching bantuan langsung Tunasi (BLT) Dana Desa (DD) di Kantor Kecamatan Loea, dan penyaluran Sembako kepada 1.337 KK di 12 Kecamatan yang di mulai dari Kecamatan Poli -Polia, Rabu (13/05/2020).

    Agenda tersebut juga dihadiri Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kolaka AKBP Saiful Mustofa, SIK, M.si, Dandim 1412/Kolaka Letkol Kav Ir. Amran Wahid, S.T, MM, Kejaksaan Negeri Kolaka, Ketua TP PKK Koltim Surya Adelina Tony Herbiansyah, Ketua DPRD Koltim Suhaemi Nasir, Sekda Koltim, serta pejabat di jajaran Lingkup Kabupaten Koltim.

    ''Bantuan ini diberikan kepada warga yang tidak mendapat bantuan dari Pemerintah pusat. Bantuan ini menggunakan DD tahun anggaran 2020 yang di berikan selama tiga kali yakni mei-juni dan juli dengan total anggaran 8.5 Milyar, ''ungkap Tony.

    Tony juga mengapresiasi kepada Pemerintah Desa yang telah menyalurkan DD yang sesuai amanat undang - undang melalui peraturan Pemerintah pengganti undang -undang RI nomor 1/2020 tentang kebijakan keuangan Negara untuk penenganan Pandemi corona virus disiase 2019.

    ''Kami berharap  warga yang menerima BLT DD dapat di mamfaatkan untuk kebutuhan dasar rumah tangga, terutama makan sehari -hari, '' imbuhnya.

    Usai melakukan lounching Bupati Koltim bersama Kapolres Kolaka serta Dandim dan Ketua TP PKK Koltim menuju Kelurahan Poli -Polia Kecamatan Poli -Polia menyerahkan bantuan sembako yang serentak dilakukan di 12 Kecamatan.

    Di hadapan awak media Tony mengungkapkan," jadi untuk data Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk penyaluran sembako ini 1.337 kepala Keluarga (KK) di 12 kecamatan khusus warga kelurahan yang tidak di data di APBN dan Dana Desa (DD) , paket ini adalah tahap pertama, kalau nantinya masih ada keluarga miskin nantinya maka kami akan bantu lagi dengan paket ini", ujar Tony.

    "Hari ini serentak mulai jam 1 siang akan di bagikan kepada semua warga miskin di semua Kelurahan sampai hari jumat, dan para kepala SKPD sudah mulai membawa bantuan kepada warga miskin di semua kelurahan", tegasnya.

    Terkait jika masih ada warga miskin untuk dibantu  Tony kembali menjelaskan pihaknya  akan lakukan pendataan kembali sesuai kriteria yang telah di tentukan.

    ''Kalau dana kita sudah siapkan kemudian anggaran untuk Covid ini Rp 14 milyar terdiri dari dana kesehatan, penanggulangan ekonomi dan pengaman sosial. Untuk kesehatan, kami sudah melakukan pembelian masker, obat, pembelian alat kesehatan, tabung, rapites, dan lainnya, begitupun pengaman sosial kita sudah penyaluran sembako, dan satu lagi kami juga akan membantu bagi warga yang terdampak Corona utamanya pelaku usaha kecil menengah (UKM) kami akan membantu lewat paket ini juga," urai bupati.

    Masih kata Tony kepada masyarakat berharap tetap tinggal di rumah, manfaatkan sembako ini, serta patuh kepada anjuran Pemerintah, kita juga berdoa agar covid ini bisa berlalu sehingga kehidupan masyarakat ini bisa kembali norma.

    Sembako tersebut berupa 10 kg beras, gula pasir, minyak goreng, 2 rak telur dan mie instan, kalau dirupiahkan total per paket Rp 400.000( *)


    Penulis | Irwandar