• 4 Tahun Berkarya, Sederet Pencapaian Pembangunan Butur Pemerintahan ABR

image_title
Ket: Bupati Butur, Abu Hasan saat panen
  • Share

    BUMISULTRA

    BUTUR- Sejumlah pencapaian masa kepemimpinan Bupati Buton Utara Abu Hasan bersama Ramadio selaku wakil Bupati Buton Utara (Butur) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) selama 4 tahun membangun daerah Butur diberbagai bidang dipaparkan pada expose tahunan yang di selenggarakan di Gedung Islamic Center, Mina-Minanga, Senin (17/2/2020).

    Selama empat tahun memimpin pasangan Abu Hasan-Romadio (ABR) pembangunan berbagai sektor terus digenjot. Di antaranya pembangunan pada sektor pertanian, sektor perikanan, sektor perindag, sektor kesehatan, pembangunan di sektor infrakstruktur, sektor perumahan, sektor pendidikan. Disamping itu juga Abu Hasan- Ramadio menepati visi misi yakni berhasil mewujudkan daerah Butur yang aman, religius dan berbudaya.

    Butur terima penghargaan Dirjen Perkebunan Kementrian Pertanian RI

    Kebijakan Pemda Butur menjadikan pertanian organik sebagai program unggulan daerah berbuah penghargaan dari Kementan RI, juga mempertimbangkan aspek ekologis pertanian berkelanjutan merupakan implementasi dari sala satu kebijakan pemerintah pusat yakni Nawacita

    "Selain padi lokal organik sebagai produk unggulan daerah juga komoditas kelapa dan mete serta rumput laut untuk perikanan. Tentunya prestasi tersebut akan menjadi tantangan dan motivasi kita untuk melaksanakan program-program dan kegiatan yg dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, menciptakan lapangan pekerjaan pada subsektor pertanian untuk mencapai dan mewujudkan masyarakat yg sejahtera" ujar Sahrun Akri, kepala dinas pertanian.

    Pengembangan pertanian berbasis industri terus di lakukan antara lain dengan membangun pabrik Kelapa VCO, membangun pabrik pupuk organik kerja sama Bank Indonesia (BI) dengan kapasitas produksi mencapai 700 liter perminggu dengan unit pengolahan sebanyak 17 unit,

    Pabrik pakan ternak ikut di bangun dengan kapasitas produksi mencapai 260 Kg/ hari, menyalurkan 5 ton bibit padi organik, mendistribusikan alat pertanian ke petani serta subsidi lahan baru bagi petani.

    Hingga saat ini kawasan pertanian dan perkebunan yang dikembangkan diantaranya lahan jambu mente 7000 Ha, Kelapa 5000 Ha, padi organik ladang 1200 Ha.

    Tingkatkan kuantitas dan kualitas Infrakstruktur, dan  4 tahun terakhir bidang infrakstruktur terus diupayakan perbaikan, tercatat sepanjang 518.35 Km aspal dan juga pengerasan dari total ruas jalan 632.83 Km, serta meningkatkan jangkauan dan kualitas infrakstruktur dasar dengan membangun 38 unit jembatan penghubung. Pembangunan sarana air bersih bagi masyarakat juga tidak luput dari perhatian Pemda.

    "Di setiap kesempatan rapat bersama pemerintah provinsi saya selalu menekankan untuk pengerjaan jalan provinsi yang berada di wilayah Buton Utara yang sudah di mulai pengerjaannya sejak tahun 2018 bisa berkelanjutan. Saya akan kerahkan kekuatan untuk terus menekankan kepada pemerintah Provinsi, masyarakat agar lebih bersabar lagi untuk hal ini, Akses jalan raya saat ini sedang dalam proses pengerjaan," ujar Abu Hasan.

    Infrakstruktur wilayah terus ditingkatkan kapasitasnya dengan memberikan Bantuan Rumah Khusus sebanyak 50 unit dan juga bantuan stimultan Perumahan Swadaya tersebar di 19 desa dan kelurahan sebanyak 216 unit.

    Pemda melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) membuka wilayah-wilayah terisolir guna membangun konektivitas moda transportasi dan menghubungkan simpul transportasi di semua wilayah daerah Butur.

    Lestarikan budaya lokal, destinasi wisata terus di benahi

    Buton Utara kaya akan budaya menarik perhatian Pemerintah daerah untuk ikut serta melestarikan dengan mengadakan berbagai kegiatan melibatkan masyarakat, selain itu Butur sala satu tujuan Sail wonderful Indonesia yang di balut dengan menampilkan berbagai budaya antara lain kuliner khas daerah, kostum daerah, adat istiadat menjadi tontonan menarik peserta Sail wonderful Indonesia. Sala satu gelaran budaya festival bharata kulisusu sebagai bentuk pelestarian budaya daerah.

    Wujudkan keamanan hadirkan instansi terkait

    Peresmian Polres Butur membawahi Polsek Kulisusu, Polsek Kulisusu Barat, Polsek Wakorumba dan Polsek Bonegunu dengan sebaran di 6 Kecamatan kurang lebih 90 Kelurahan/desa merupakan bentuk dari upaya pemerintah daerah mewujudkan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat dalam rangka penegakan hukum. Selain itu Bupati Buton Utara Abu Hasan mewajibkan setiap desa wajib punya pos kamling untuk terus melaksanakan secara rutin dan berkelanjutan.

    "Betul ini merupakan anugerah luar biasa bagi masyarakat dan pemerintah dalam rangka penegakan hukum dan pelayanan kepada masyarakat meningkatkan sinergitas penyelenggaraan pemerintahan di daerah baik dari sisi pembangunan ,sisi kemasyarakatan maupun dari sisi pemerintahan itu sendiri" ujar Abu Hasan kala itu. (*)


    Penulis | Ifang Wilyas