• Bupati Koltim: Maknai MTQ sebagai Pedoman Jadikan Daerah Religius

image_title
Ket: Bupati Koltim Tony Herbiansyah di dampingi Ketua TP PKK Ir Hj Surya Adelina Tony Herbiansyah saat memukul gendang peetanda di mulainya kegiaan MTQ ke VI
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMUR -Dalam rangka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke VI tingkat Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), ada dua agenda yang dihadiri langsung Bupati Koltim Drs . H Tony Herbiansya, M.si yakni Pawai Ta"ruf dan Pembukaan MTQ, Senin (10/2/2020).

    Pawai ta"ruf yang dimulai sejak pukul 14.00 mengambil star dari Desa Simbune Kecamatan Tirawuta dan dilepas oleh Sekda Koltim Ir Eko SB, M.si dan finish di Lapangan Tribun Lalingato yang diterima langsung Bupati Koltim dan Ketua TP PKK. Pawai tersebut di ikuti 12 kecamatan dengan jumlah peserta kurang lebih 5000 orang.

    Peserta pertama yang melewati panggung kehormatan adalah Kecamatan Tinondo serta diikuti Kecamatan lainya dan ditutup peserta dari Kecamatan Ulu Iwoi sebagai peserta terakhir sekaligus menampilkan tari- tarian daerah dihadapan Bupati dan Ketua TP PKK Koltim serta para undangan yang hadir.

    Tony Herbiansyah berharap agar pelaksanaan MTQ ini bukan saja untuk meraih juara tapi sebagai ajang siraturahmi, sebagai anak bangsa dan berbagai macam agama di Koltim disatukan.

    ''Karena target kita di Koltim 90 persen adalah muslim, yakni untuk menunjukan eksistensinya kita dan memberikan contoh, sekalipun beragam agama tapi bisa kita satukan. Selain itu, banyak potensi yang bisa kita gali di ajang ini, sehingga bisa juara dan dapat mewakili Koltim di tingkat Provinsi, bahkan tahun lalu Koltim mewakili tingkat Nasional dan juara,'' kata Tony.

    Dikatakan, kegiatan ini di laksanakan selama lima hari, semua cabang dilombakan ada 8 cabang dengan 24 lomba, usai MTQ nantinya kita juga akan lakukan persiapan tingkat Provinsi di Kabupaten Konawe Selatan di bulan April 2020.

    Pada malam harinya Tony Herbiansyah kembali menghadiri pembukaan MTQ ke VI bertempat di Aula Pemda Koltim yang di mulai pada pukul 08.00 malam. Dimana MTQ kali ini mengangkat tema kita memaknai Al-quran sebagai pedoman untuk menjadikan Kabupaten Koltim yang religius berdaya saing dan unggul dalam bidang agrobisnis.

    Bupati Koltim Tony Herbiansyah dalam sambutanya mengatakan, MTQ merupakan aktivitas agama diseluruh Indinesia khususnya dikalangan umat islam yang dilaksanakan tingkat Kecamatan, tingkat Kabupaten, Provinsi hingga Nasional hingga Internasional.

    "MTQ tidak bisa di pisahkan dengan program Nasional khususnya dalam aspek peningkatan kualitas Sumber daya Manusia (SDM).

    Dengan penguatan Imam dan Takwa hal ini sangat relevan dengan amanat keputusan Lembaga Penegembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Nasional. Melalui MTQ ini kita berusaha untuk memperkokoh persaudaraan serta membina persatuan dan kesatuan.

    ''Insya Allah dengan semangat kebersamaan dan persatuan kita mampu membangun daerah yang kita cintai dengan tetap mempertahankan jati diri Koltim sebagai daerah perjuangan religius dan berbudaya, '' pungkasnya.

    Pada malam pembukaan dirangkaikan dengan pengukuhan para hakim dan panitera lomba oleh Bupati Koltim.

    Hadir di kegiatan tersebut, ketua TP PKK Koltim, Sekda Koltim, Kapolres Kolaka, Danramil Tirawuta, para unsur pimpinan DPRD dan anggota DPRD Koltim, para OPD, Camat, Kades dan Lurah, tokoh masyrakat serta para peserta MTQ. (*)


    Penulis | Irwandar