• Dikmudora Koltim Berikan Bantuan Komputer untuk Sekolah

image_title
Ket: Tony Herbiansyah secara simbolis menyerahkan bantuan komputer kepada kepsek SMP N I poli - Polia Badian didampingi Kabid Pendidkan dasar Siti Madinah, Kamis (23/01/2020).
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMUR -Bupati Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Drs. Tony Herbiansyah, M.si menyerahkan 22 unit Komputer di SMPN I Poli - Polia, Kamis (23/01/2020).

    Selain SMP N I Poli - Polia yang menerima bantuan juga akan diserahkan masing - masing 22 Unit Komputer kepada SMPN Tinondo, SMPN I Lambandia, SMPN Tirawuta dan SMPN 1 Loea.

    Bupati Koltim, Tony Herbiansyah menyampaikan ini keseriusan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memberikan sarana dan prasarana Pendidikan, era sekarang ini adalah era milenium.

    ''Dimana dunia digital sangat di butuhkan, dunia kita adalah dunia serba kompetisi bukan saja di sekolah tapi juga antar daerah bahkan tingkat Nasional, ''kata Tony saat memberikan sambutan dihadapan guru, orang tua murida dan siswa di SMP N I Poli- Polia, Kamis (23/01/2020).

    Selain itu lanjutnya, dengan adanya bantuan komputer ini berarti susa sumber daya manusianya (SDM) mau maju atau tidak, sekalipum semua saranan dan prasarana sudah lengkap kalau tidak dibarengi kemauan yang keras maka akan sia -sia.

    ''Oleh karena itu harus ada kolaborasi antara guru, siswa dan orang tua murid dan kita semua untuk memajukan dunia pendidikan, diharapkan kepada orang tua murid memberikan dorongan kepada anaknya,'' ujar Tony dalam sambutannya  pada orang tua murid.

    Di kesempatan itu, Bupati Koltim menekankan kepada guru dituntut kompetensinya sehingga mampu mentransfer ilmu pengetahuan kepada murid. "Kita akan menyiapkan lagi anggaran komputer kepada SMP yang masih belum mendapatkan", terangnya.

    Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Pemuda dan Olah raga (Dikmudora) melalui Kabid Pendidikan dasar Siti Madinah mengatakan, bantuan ini di berikan kepada Lima Sekolah dan masing - masing sekolah mendapatkan 22 unit komputer dan semuanya berjumlah 100 unit lengkap dengan servernya.

    "Bantuan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019 dengan total anggaran 1.6 Milyar. Bantuan ini merupakan bantuan tahap kedua, di 2020 ada peningkatan secara signifikan penyelenggara berjumlah 19 sekolah, hampir 50 persen dari 41 Sekolah jenjang SMP yang ada di Koltim,'' urainya.

    Selain pemberian bantuan Komputer kata Madinah, juga pemda melalui Dikmudora membuat kebijakan kepada anak didik yang kurang mampu tapi berprestasi yakni pemberian bea siswa atau bidik aksi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, cetusnya.

    Ditambahkanya, kebijakan juga berupa pengangkatan guru honorer sebanyak 780 orang yang honornya dibebankan kepada APBD dan dilanjutkan perpanjangan SK Bupati, peningkatan sarana pendidikan, pagar Sekolah, kantor, gedung sekolah, rumah Dinas Guru serta Sanitasi yang semuanya bertujuan memenuhi standar Nasiona.

    ''Mengingat sasaran Pendidikan di 2020 mengarah kepada SDM baik Kompetensi Kepsek, Guru serta pembinaan peserta didik baik Akademik dan Non Akademik dalam hal pendidikan karakter untuk pembangunan SDM, '' imbuhnya.

    Ditempat yang sama Kepsek SMPN I Poli - Polia Badian mengungkapkan, di 2019 - 2020 jumlah peserta mencapai 218 orang serta tenaga pendidik 16 orang, kemudian saranan dan prasarana sekolah rasionya sudah mencukupi.

    ''Dengan masuknya lagi bantuan dari Dikmudora 22 unit komputer maka ini kali pertamanya kami bisa UNBK berkat bantuan dari Pemda, ''pungkasnya. (*)


    Penulis | Irwandar