• Resmikan IGD, Bupati Koltim : Deteksi Lebih Awal Kesehatan Masyarakat

image_title
Ket: Tony bersama Ketua TP PKK Koltim saat melakukan pengguntingan pita Gedung IGD Puskesmas Tinondo di dampingi Camat Tinonod Ahmad, Selasa.(21/01/2020). Foto : Irwandar
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLTIM--Bupati Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Drs. H. Tony Herbiansyah didampingi Ketua TP PKK Ir Surya Adelina Tony Herbiansyah meresmikan Gedung Instalasi gawat Darurat (IGD) Puskesmas Tinondo yang dirangkaikan dengan peresmian Gedung UPTD KB serta pelayanan kesehatan bergerak, Selasa (21/01/2020).

    Kesehatan bergerak dimaksudkan untuk mengubah cara berfikir dan bertindak, dimana aparat pemerintah yang memberikan pelayanan kepada masyarakat yakni jemput bola, kata Bupati Koltim saat memberikan sambutan di hadapan masyarakat.

    ''Pola kita rubah sekarang diharapkan tenaga kesehatan mendeteksi lebih awal kesehatan masyarakat untuk mengetahui keluhan mereka secara dini, "jadi jangan sudah sakit baru berobat tapi bagaimana kita antisipasi", ucapnya.

    Dikatakanya, Pemda dalam pelayanan kesehatan bergerak salah satu untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM)..

    ''Dan salah satu juga upaya Pemda dalam pelayanan kesehatan adalah memberikan sarana dan prasarana seperti peresmian IGD puskesmas Tinondo ini dan kita juga akan mengupayakan tambahan dokter di Koltim,'' urainya.

    Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Koltim Barwik Sirait mengungkapkan, kesehatan bergerak kali ini merupakan titik yang ke 10, terkait pembangunan IGD 2019 ini tidak lepas dari program Ketua TP PKK yang saat itu menjabat sebagai Plt Kadis Kesehatan.

    Ditambahkanya, saat ini mempunyai konsep baru di mana kita mendekatkan pelayanan, mengajak petugas medis untuk keluar dan tidak pasif du kantor saja.

    ''Sehingga akan sering lakukan evaluasi, kita tuntut para Kepala Puskesmas untuk agar para tenaga medisnya banyak berkunjung ke warga,'' tegasnya.

    Dikatakan saat ini puskesmas Tinondo hanya bisa di akses 5 Desa dan satu kelurahan dengan jumlah jiwa 3500, dan berharap kedepan akan diusulkan pembangunan puskesmas yang letaknya strategis agar bisa dijangkau lagi sekitar 6000 jiwa.

    ''Sehingga bisa merata, dan tahun 2019 ini Puskesmas Tinondo meraih Akreditasi Madya", kata Kadis berdarah batak ini.

    Terkait fasilitas IGD dr. Putu Ayu kepada Bumi Sultra menuturkan ada tiga ranjang untuk pasien emergensi, kemudian Hekting set untuk pasien yang luka, oksigen untuk sesak napas, alat sterilisator untuk mensterilkan alat yang sudah dipakai.

    ''Jadi semua sudah dilengkapi, '' kata dokter cantik kelahiran Ladongi ini.

    Usai peresmian IGD Bupati Koltim bersama Kerua TP PKK melanjutkan peresmian Mushallah Puskesmas dan pelayanan kesehatan bagi warga Tinondo oleh tim medis Puskesmas.

    Salah seorang warga Tinondo yang hadir di tempat kesehatan bergerak Sitti mengatakan sebagai warga sangat membutuhkan pelayanan seperti ini, apalagi kalau petugasnya datang ke rumah warga, sehingga kesehatan bisa di cek, jangan lagi sakit baru di obati.

    Berhubungan dengan kegiatan kesehatan hari ini, Tony herbiansyah sebelumnya melakukan panen tanaman sorgum di mana tanaman ini bisa memberikan kesehatan bagi masyarakat.

    Seperti penuturan Camat Tinondo Ahmad bahwa salah seorang warga disini lama mengalamai kelumpuhan setelah menkonsumi sorgum ini kembali sehat dan sudah bisa berjalan, hanya menkonsumi sorgun selama 2 minggu. Luas tanaman sorgun yang di panen perdana Bupati seluas 35 hektar.

    Hadir dalam kegiatan tersebut para asisten, staf ahli, Opd serta para Kades se Kecamatan Tinondo. (*)


    Penulis | Irwandar