• Dibawah Kepemimpinan Tony Herbiansyah Pertumbuhan Ekonomi di Koltim Meningkat

image_title
Ket: Bupati Koltim Tony Herbiansyah
  • Share

    BUMISULTRA

    Menengok kebelakang 8  tahun lalu Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memang sangat berbeda, mulai dari tingkat pertumbuhan ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) hingga pembangunan Infrastruktur belum memberikan dampak yang besar bagi masyarakat.

    Bahkan pemerataan pembangunan khususnya infrastruktur belum merata di semua desa, dimana sektor ini sangat berpengaruh terhadap kemajuan suatu daerah.

    Setelah melalui proses yang begitu panjang, oleh tokoh - tokoh pemekaran Koltim, maka Koltim dimekarkan pada tanggal 22 April 2013, dan kala itu penjabat Bupati adalah Drs. H.Tony Herbiansyah M.si, beban tugas yang diemban sangat berat, proses yang begitu panjang, kendala serta berbagai upaya dalam menjalankan roda Pemerintahan tidaklah mudah.

    Namun dibawah kepemimpinan Tony Herbiansayah pertumbuhan ekonomi meningkat, dimana  secara bertahap Koltim mulai  kemajuan dari berbagai sektor. Ibarat bayi yang baru lahir secara bertahap terus dan menerus tumbuh dan berkembang dan menjadi wilayah yang benar - benar mandiri.

    Alhasil setelah melalui proses pemilihan kepala daerah (Pilkada), Tony kembali diberikan kepercayaan oleh masyarakat selanjutnya definitiv pada 17 Februari 2016 sebagai Bupati Definitiv pertama Koltim.

    Tak terasa usia Kabupaten Koltim memasuki 6 tahun, dibawah kepemimpinan Tony Herbiansyah kembali menoreh berbagai prestasi yang telah dilakukan. Bukan saja dari sisi Kemajuan Agrobisnis, Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan, namun yang lebih utama dari sektor keagamaan yang menjadikan Koltim saat ini sebagai daerah yang religius.

    Memakmurkan masjid serta shalat berjamaah, bahkan shalat subuh berjamaah yang dilakukan jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) ternyata memberikan dampak yang luar biasa kemajuan agama di Koltim, bukan saja di ikuti oleh jajaran ASN saja, namun di setiap masjid di koltim tak lepas dari berjamah yang dilakukan masyarakat.

    Untuk meningkatkan semangat masyarakat dalam memakmurkan masjid serta meningkatkan ibadah umat muslim di Koltim, Tak tanggung tanggung Tony memberikan bantuan pembangunan masjid di semua Kecamatan yang ada, bahkan di wilayah yang tidak ada bangunan Masjid.

    Hal ini dimaksudkan, dengan di makmurkanya masjid maka rahmat Allah selalu datang, hal ini yang selalu disampaikan Tony saat menggelar zikir akbar bersama warga dan kajian Islam.

    Bahkan pimpinan besar pondok Pesantren Al - Fatah Temboro Magetan Jawa Timur memuji langkah Bupati Koltim memakmurkan masjid. Tidak hanya sampai disitu. Kemajuaan di bidang agama juga memberikan dampak positif bagi generasi dengan berbagai prestasi di tingkat Nasional dalam mengikuti MTQ, seperti Jisma dari Kecamatan Aere yang pernah membawa nama baik Koltim di tingkat Nasional.

    Selanjutnya di tahun 2017 beberapa kerjasama dilakukan yakni, Pembinaan Imam dan Da'i bekerjasama dengan Muadz Bin Jabal, di mana di 2017 ada 10 Imam di sekolahkan ke Arab Saudi begitupun para Da'i yang saat ini telah di beri pendidikan.

    Sebagai bentuk kepedulian Tony Herbiansyah terhadap Sumber daya manusia (SDM) para Dai di wilayah terpencil, ada 4  da'i yang berasal dari Kecamatan Ulu Iwoi dan Ueesi juga di sekolahkan oleh Muadz Bin Jabal.

    Begitu besarnya kepedulian Bupati Koltim terhadap syiar Islam, tahun ini Tony akan melakukan pembangunan Majid Jabal Nur Rate - Rate sebagai Ikon Kabupaten Koltim dengan memporsikan anggaran sekitarRp  4 miliar.

    Sebagai upaya untuk meningkatkan semangat bagi masyarakat dalam beribadah khsusunya shalat berjamaah, tahun lalu Tony memberikan bonus sepeda motor bagi jamaah yang rajin serta berbagai hadiah lainya, selain itu Bupati Koltim juga memberikan hadiah umroh kepada jamaah.

    Sejak kepemimpinan Tony Herbiansyah, safari Ramdhan merupakan suatu agenda yang wajib disetiap jajaranya bahkan di masyarakat guna meningkatkan ketakwaan kepada ALLAH serta memberikan pencerahan kepada umat muslim di Koltim bahwa segala sesuatu hanyalah ALLAH yang mempunyai kuasa segala - galanya.

    Hal itupun di wujudkan menjelang akhir ramdhan Bupati Koltim selalu mengajak masyarakat untuk mendatangi Masjid beritikaf di akhir ramdhan. Rutinitas ini di lakukan sejak suami Surya Adelia ini  menjabat sebagai Bupati Koltim hingga saat ini.

    Tony Herbiansyah yang ditemui Jurnalis Bumi Sultra usai Rapat Paripurna mengungkapkan harapannya. ‘’Saya di HUT Kotim ke - 6 ini di masyarakat ada peningkatan iman dan takwa dalam bentuk shalat berjamaah dan tetap kita terus lanjutkan", ujar Ketua DPW Nasdem Sultra ini.

    Peran Istri

    Implementasi shalat berjamah  dikalangan ASN serta seluruh masyarakat tak lepas dari dukungan seorang Istri  yang juga  Ketua TP - PKK Kabupaten Koltim Ir. Hj. Surya Adelina Tony Herbiansyah untuk mendorong semangat masyarakat  shalat berjamaah.

    Tidak hanya itu kapasitas Surya  sebagai Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Pemuda dan olah raga (Dikmudora) mengarahkan dan mewajibkan setiap siswa di Sekolah baik Sekolah Dasar (SD), Sekolah menengah Pertama (SMP) untuk melaksanakan shalat duhur berjamaah.

    Hal ini dimaksudkan agar para generasi mempunyai mentalitas yang kuat, tidak gampang terpengaruh oleh lingkungan yang kurang baik, disiplin, bertatakrama serta tidak melupakan agama di kehidupan sehari - harinya sehingga menghasilkan generasi yang berkualitas.

    Untuk meningkatkan Kualitas agama di kalangan generasi Muda,  Pemda Koltim yang belerjasama dengan Islami Center Muadz bin Jabal (ICM), Tony bersedia mewakafkan tanah 10 ha untuk pendirian kampus Mahad Aly.

    Prestasi di bidang agama sejak kepemimpinan Tony Herbiansyah tidak lepas dari dukungan seluruh masyarakat, bahkan di setipa kesempatan pertemuan, Tony selalu mengunkapkan, bahwa bila suatu daerah ingin makmur maka perbanyak ibadah niscaya Rahmat ALLAH akan turun. (Adv)


    Penulis | Irwandar